BAB IV
TEMUAN DAN HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Umum SMP Negeri 1 Pandaan
1.
Gambaran Singkat SMP Negeri 1 Pandaan
SMP Negeri 1 Pandaan, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama
Negeri unggul yang ada di kabupaten Pasuruan, berdiri sejak 1977 dan berlokasi di jalan raya kebonwaris 17
kecamatan pandaan kabupaten pasuruan, No. Statistik Sekolah / NSS : 201051911003, memiliki luas tanah 15.000 m persegi, Jarak Sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan 15
KM.
SMPN 1 Pandaan mempunyai kualitas
pendidikan yang baik. Letaknya sangat strategis, berdekatan dengan rumah
penduduk, jalan raya yang memudahkan transportasi Siswa ke sekolah, dan sawah
yang dapat menambah suasana belajar menjadi alami dan terbuka dengan dunia
luar.
Keunggulan lain SMPN 1 Pandaan
ini tidak terlalu banyak polusi udara dan suara bising kendaraan karena jalan
raya bangil-pandaan ini hanya dilewati kendaraan roda 2 dan 4 saja karena bukan
jalan pantura sehingga jarang dilewati kendaraan berat dan bising seperti Bus,
truk dll. SMPN 1 Pandaan juga mempunyai udara yang lumayan sejuk dibandingkan
sekolah lainnya karena kecamatan pandaan ini bersebelahan dengan kecamatan
prigen yang memiliki hawa dingin karena terletak di pegunungan.
Sekolah SMPN 1 Pandaan mempunyai fasilitas
yang cukup lengkap diantaranya: ada 30 Ruang Kelas, 1 Ruang Kepala Sekolah, 1
Ruang Wakil
Kepala Sekolah, 1 Ruang Guru, 1
Ruang TU, 1 Ruang Tamu, 1 Ruang
Perpustakaan, 1 Ruang LAB. Biologi, 4 Ruang Komputer, 1 Ruang LAB.
Kimia, 1 Ruang LAB. Bahasa, 1 Ruang LAB. Multimedia, 1 Ruang Aula, 1 Ruang
Kesenian, 1 Ruang Serbaguna, dll.
Dari tahun ketahun SMP Negeri 1
Pandaan mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam bidang pengetahuan,
sehingga saat ini SMP Negeri 1 Pandaan mendapat akreditasi A oleh pemerintah
dengan Skor: 91.
2.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Pandaan
Alamat Jalan : Raya Kebonwaris
17
Desa :
Kebonwaris
Kecamatan :
Pandaan
Kabupaten :
Pasuruan
Telepon/HP/Fax : (0343)
631831/ - / (0343) 630803
Nomor Statistik Sekolah : 201051911003
Tahun didirikan : 1977
Tahun Beroperasi : 1977
Status Sekolah : Negeri/Swasta
(coret yang tidak perlu)
Nilai Akreditasi Sekolah : A Skor
: 91
Luas Lahan : 15.000 M2
Jumlah ruang pada lantai 1 : 51
Jumlah ruang pada lantai 2 : 7
Jumlah ruang pada lantai 3 : .......
Jumlah Rombel :
30
Prosentase ruang kelas yang sudah berbasis IT : 100 %
Apakah
sekolah sudah memiliki student exchange
: a. Sudah b. Belum
Apabila sudah
:
1.
Sekolah : VICTOR HARBOR AUSTRALIA
2. Sekolah : SMP AN-NISAA TANGERANG
Apakah
sekolah sudah memiliki sertifikat ISO
9001 : a. Sudah b. Belum Apabila sudah : Lembaga
sertifikasi : -
Versi ISO : -
Tahun : -
3.
Visi dan Misi SMPN 1 Pandaan
a.
Visi
BERTAQWA, BERPRESTASI,
BERMUTU DAN BERDAYA SAING GLOBAL, BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN BERBUDAYA
LINGKUNGAN
a.
Misi
-
Meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang Maha Esa melalui
pembelajaran dan pembiasaan
-
Melaksanakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kompetensi
akademik dan non akademik dalam penguasaan sains dan teknologi
-
Mengembangkan program pengembangan diri untuk mewujudkan prestasi dan daya
saing global
-
Meningkatkan budi pekerti, akhlak mulia dan karakter bangsa
-
Mewujudkan pelestarian dan pengembangan seni tradisional
-
Menerapkan Pengelolaan Sekolah yang sehat
-
Mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkunganuntuk mewujudkan
pelestarian fungsi lingkungan
-
Mewujudkan kebiasaan positif yang
berlandaskan nilai-nilai
agama, budaya, sosial.
- Mengembangkan dasadarma nilai-nilai pramuka
-
Mewujudkan warga sekolah yang bersih dari narkoba
Dengan Visi dan Misi SMPN 1 Pandaan diatas, merupakan
tonggak awal dalam pelaksanaan pembinaan Akhlakul Karimah siswa, dua hal diatas
merupakan hal penting yang dijadikan sebagai arah dan ukuran bagi keberhasilan
SMPN 1 Pandaan dalam membentuk dan membina kepribadian setiap siswa agar
mempunyai perilaku Akhlakul Karimah.
4.
Struktur Organisasi Sekolah
Struktur organisasi merupakan suatu kerangka atau susunan
yang menunjukkan hubungan antara komponen yang satu dengan yang lain, sehingga
jelas tugas dan wewenangnya serta tanggung jawab dari masing-masing komponen
tersebut.
BAGAN 4.1
STRUKTUR ORGANISASI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI
(UPTD PENDIDIKAN SMPN 1 PANDAAN)
Komite Sekolah
|
Kepala Sekolah
HJ.
Erriastuti, M.Pd
|
Kepala Tata Usaha
Elfiah Jurida,
S.H
|
Kelompok Jabatan Fungsional
|
Wakasek
|
Urusan Sarpras
DRS. As’ari
|
Urusan
Kurikulum
DRA. Tarsiah
|
Urusan
Kesiswaan
Narto, S.Pd
|
Urusan Humas
Sri Handayati,
M.Pd
|
Laboran
|
Guru
|
Pustakawan
|
5.
Data Guru, Karyawan dan Siswa-siswa
a.
Data Guru SMP Negeri 1 Pandaan Kec. Pandaan Kabupaten
Pasuruan
Seiring dengan perkembangan serta semakin pesatnya
kemajuan SMP Negeri 1 Pandaan, maka sekolah ini terus berbenah diri, salah
satunya dilakukan melalui penambahan dan pembinaan tenaga pendidik yang sesuai
dengan kompetensinya, dengan harapan bahwa siswa memperoleh apa yang menjadi
tujuan dalam belajarnya. Tidak hanya itu saja, SMP Negeri 1 Pandaan juga
menambah karyawan sebagai bentuk penataan dan perwujudan menuju lembaga
pendidikan yang berkualitas.
Sesuai dengan observasi peneliti, SMP Negeri 1 Pandaan
saat ini memiliki karyawan dan tenaga pengajar sebanyak 58 orang. Sesuai dengan
tuntutan kompetensi dan Profesionalisme guru,
para guru yang ada di SMP Negeri 1 Pandaan dalam menjalankan peran dan tugasnya
dalam mengajar memiliki latar belakang yang sesuai dengan bidang pendidikannya,
yang mana sebagian besar dari mereka telah menempuh pendidikan sarjana strata
satu (S1), ada juga beberapa guru yang masih menempuh jenjang pendidikan yang
lebih tinggi atau sarjana strata dua (S2) dan ada juga yang sudah lulus S2.
Para guru mengakui, bahwa untuk meningkatkan hasil belajar yang maksimal, maka
seorang guru harus memiliki modal keilmuan yang matang dan sesuai dengan latar
belakang pendidikannya.
Tabel 1.2
Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 1
Pandaan
No.
|
Jabatan
|
Nama
|
Jenis Kela-min
|
Usia
|
PendAkhir
|
Masa Kerja
|
|
L
|
P
|
||||||
1.
|
Kepala Sekolah
|
Hj. ERRI ASTUTI, M.Pd
|
-
|
√
|
55
|
S2
|
36
|
2.
|
Wakil Kepala Sekolah
HUMAS
|
Dra.
RIEN SULISTYOWATI
|
|
√
|
53
|
S1
|
30
|
3.
|
Wakil
Kepala Sekolah/KESISWAAN
|
NARTO, S.Pd
|
√
|
|
43
|
S1
|
12
|
4.
|
Wakil Kepala Sekolah
KURIKULUM
|
Dra. Hj. TARSIYAH
|
|
√
|
53
|
S1
|
26
|
5.
|
Urusan
SARPRAS
|
Drs.
ASARI
|
√
|
|
52
|
S1
|
22
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
Tabel 1.3
Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin,
dan Jumlah
No.
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah dan Status Guru
|
Jumlah
|
|||
GT/PNS
|
GTT/Guru Bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1.
|
S3/S2
|
1
|
4
|
-
|
-
|
5
|
2.
|
S1
|
17
|
21
|
6
|
8
|
52
|
3.
|
D-4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
4.
|
D3/Sarmud
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
5.
|
D2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
6.
|
D1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
7.
|
≤ SMA/sederajat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
Jumlah
|
18
|
24
|
6
|
8
|
58
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
Tabel 1.4
No.
|
Guru
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan
tugas mengajar
|
Jumlah
|
||||||
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
|||
1.
|
IPA
|
-
|
-
|
6
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9
|
2.
|
Matematika
|
-
|
1
|
8
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
-
|
-
|
7
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
4.
|
Bahasa Inggris
|
-
|
-
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
5.
|
Pendidikan Agama
|
-
|
-
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
6.
|
IPS
|
-
|
-
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
7.
|
Penjasorkes
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
8.
|
Seni Budaya
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
4
|
9.
|
PKn
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
10.
|
TIK/Keterampilan
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
11.
|
BK
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
12.
|
Lainnya: ..............
B. Jawa
B. Mandarin
b. Jerman
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
-
-
|
|
Jumlah
|
0
|
6
|
40
|
8
|
0
|
-
|
4
|
-
|
58
|
Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan
latar belakang pendidikan
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
b.
Data siswa SMP Negeri 1 Pandaan
Keberadaan siswa merupakan bagian yang tak terpisahkan
dalam kegiatan proses belajar-mengajar. Kaitannya dalam hal ini SMP Negeri 1
Pandaan sampai sekarang memiliki jumlah siswa yang cukup besar, yaitu 1134
siswa, secara keseluruhan jumlah siswa terbagi dalam tiga kelas, yaitu kelas
VII, Kelas VIII, Kelas IX dan masing-masing kelas terdiri dari 37 siswa dan ada
yang lebih. Sehingga secara keseluruhan jumlah ruang belajar di SMP Negeri 1
Pandaan terdiri dari 42 ruang belajar termasuk ruang Lab dan ruang praktek
lain.
Tabel 1.4
Data Siswa SMP Negeri 1 Pandaan
Tahun ajaran 2017-2018
KELAS
|
VII
|
JML
|
VIII
|
JML
|
IX
|
JML
|
|||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||
A
|
18
|
20
|
38
|
18
|
20
|
38
|
6
|
34
|
40
|
B
|
18
|
21
|
39
|
4
|
35
|
39
|
14
|
25
|
39
|
C
|
16
|
21
|
37
|
13
|
24
|
37
|
18
|
20
|
38
|
D
|
19
|
21
|
40
|
13
|
24
|
37
|
21
|
15
|
36
|
E
|
18
|
19
|
37
|
17
|
19
|
36
|
19
|
16
|
35
|
F
|
18
|
19
|
37
|
15
|
24
|
39
|
18
|
20
|
38
|
G
|
16
|
22
|
38
|
18
|
21
|
39
|
19
|
20
|
39
|
H
|
17
|
22
|
39
|
20
|
17
|
37
|
22
|
15
|
37
|
I
|
18
|
21
|
39
|
22
|
17
|
39
|
18
|
18
|
36
|
J
|
15
|
24
|
39
|
21
|
13
|
34
|
16
|
22
|
38
|
JUMLAH
|
173
|
210
|
383
|
161
|
214
|
375
|
171
|
205
|
376
|
TOTAL SISWA
|
383
|
375
|
376
|
||||||
SELURUHNYA
|
1134
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
Tabel 1.6
Data Siswa 5 (lima) tahun terakhir
Th.
Pelajaran
|
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
|
Kelas
VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas
IX
|
Jumlah
(Kls. VII + VIII + IX)
|
||||
Jml
Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
||
2012/2013
|
342
|
309
|
9
|
203
|
9
|
242
|
9
|
754
|
27
|
2013/2014
|
448
|
373
|
10
|
308
|
10
|
202
|
9
|
883
|
29
|
2014/2015
|
450
|
392
|
10
|
375
|
10
|
308
|
10
|
1075
|
30
|
2015/2016
|
420
|
388
|
10
|
380
|
10
|
371
|
10
|
1139
|
30
|
2016/2017
|
450
|
381
|
10
|
385
|
10
|
376
|
10
|
1142
|
30
|
2017/2018
|
385
|
483
|
10
|
375
|
10
|
376
|
10
|
1134
|
30
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
6.
Sarana dan Prasarana
Tabel 1.7
Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
|
Jumlah dan ukuran
|
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk r. Kelas
(e)
|
Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas
(f)=(d+e)
|
|||
Ukuran
7x9 m2 (a)
|
Ukuran
> 63m2 (b)
|
Ukuran
< 63 m2 (c)
|
Jumlah (d) =(a+b+c)
|
|||
Baik
|
24
|
6
|
-
|
30
|
0
|
30
|
Rsk ringan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk sedang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk Berat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk Total
|
-
|
-
|
-
|
-
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
Keterangan Kondisi:
Baik
|
Kerusakan < 15%
|
Rusak ringan
|
15% - <30%
|
Rusak
sedang
|
30%
- <45%
|
Rusak
berat
|
45%
- 65%
|
Rusak
total
|
>65%
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
Tabel 1.8
Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
1.
Perpustakaan
|
1
|
120
|
Rusak Berat
|
8.
Lab. Multimedia
|
1
|
88
|
Baik
|
2.
Lab. Biologi
|
1
|
120
|
Baik
|
9.
Lab. PTD
|
-
|
-
|
-
|
3. Lab. Komputer
|
1
|
120
|
Baik
|
10.
Ketrampilan
|
-
|
-
|
-
|
4.
Lab. Kimia
|
1
|
120
|
Baik
|
11.
Aula
|
1
|
180
|
Baik
|
5.
Lab. Komputer
|
3
|
72
|
Baik
|
12.
Kesenian
|
1
|
60
|
Baik
|
6.
Lab. Bahasa
|
1
|
84
|
Baik
|
13.
Serbaguna
|
1
|
80
|
Baik
|
7.Lab.
Matematika
|
-
|
-
|
-
|
14.
Lab. IPS
|
-
|
-
|
-
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
7.
Jadwal Kegiatan Siswa
Tabel 1.9
Jadwal Sholat Dhuha
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KELAS
|
PENDAMPING
|
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KELAS
|
PENDAMPING
|
1
|
Selasa,22 Januari 2018
|
7 A B
|
Drs.As'ari
|
13
|
Selasa, 12 Februari 2018
|
7 EF
|
Drs.As'ari
|
Walas
|
Walas
|
||||||
2
|
Rabu,24 Januari 2018
|
7 C D
|
H.MASDUKI,SPd
|
14
|
Rabu,13 Februari 2018
|
7G H
|
H.MASDUKI,SPd
|
Walas
|
Walas
|
||||||
3
|
Kamis,25 Januari 2018
|
7 E F
|
Drs.M.SOHIB
|
15
|
Kamis, 14 Februari 2018
|
7 IJ
|
Drs.M.SOHIB
|
Walas
|
Walas
|
||||||
4
|
Sabtu,26 Januari 2018
|
7GH
|
Istighfaroh,Sag
|
16
|
Sabtu, 17 Februari 2018
|
8 AB
|
Istighfaroh,Sag
|
Walas
|
Walas
|
||||||
5
|
Selasa,30 Januari 2018
|
7 IJ
|
Drs.As'ari
|
17
|
Selasa,20 Februari 2018
|
8 CD
|
Drs.As'ari
|
Walas
|
Walas
|
||||||
6
|
Rabu,31 Januari 2018
|
8 A B
|
H.MASDUKI,SPd
|
18
|
Rabu, 21 Februari 2018
|
8 EF
|
H.MASDUKI,SPd
|
Walas
|
Walas
|
||||||
7
|
Kamis,1 Pebruari 2018
|
8 C D
|
Drs.M.SOHIB
|
19
|
Kamis, 22 Februari 2018
|
8 GH
|
Drs.M.SOHIB
|
Walas
|
Walas
|
||||||
8
|
Sabtu,3 Pebruari2018
|
8 E F
|
Istighfaroh,Sag
|
20
|
Sabtu,24 Februari 2018
|
8 IJ
|
Istighfaroh,Sag
|
Walas
|
Walas
|
||||||
9
|
Selasa, 6 Pebruari 2018
|
8 G H
|
Drs.As'ari
|
21
|
Selasa,27 Februari 2018
|
7 AB
|
Drs.As'ari
|
Walas
|
Walas
|
||||||
10
|
Rabu, 7
Februari 2018
|
8IJ
|
H.MASDUKI,SPd
|
22
|
Rabu,28 Februari 2018
|
7 CD
|
H.MASDUKI,SPd
|
Walas
|
Walas
|
||||||
11
|
Kamis,8 Februari 2018
|
7 AB
|
Drs.M.SOHIB
|
|
|
|
|
Walas
|
|||||||
12
|
Sabtu,10 Februari 2018
|
7 CD
|
Istighfaroh,Sag
|
|
|
|
|
Walas
|
(Sumber data: dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
Tabel 2.0
Jadwal Sholat Dhuhur
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KELAS
|
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KELAS
|
|
1
|
Selasa,02 Januari 2018
|
9 A B C
|
13
|
Rabu, 24 Januari 2018
|
9 G H I
|
|
2
|
Rabu,03 Januari 2018
|
9 D E F
|
14
|
Kamis,25 Januari 2018
|
9 J, 8 A
B
|
|
3
|
Kamis,04 Januari 2018
|
9 G H I
|
15
|
Senin, 29 Januari 2018
|
8 C D E
|
|
4
|
Senin,08 Januari 2018
|
9 J, 8 A
B
|
16
|
Selasa, 30 Januari 2018
|
8 F G H
|
|
5
|
Selasa,09 Januari 2018
|
8 C D E
|
17
|
Rabu, 31 Januari 2018
|
8 I J, 7
A
|
|
6
|
Kamis,11 Januari 2018
|
8 F G H
|
18
|
Kamis, 01 Februari 2018
|
7 B C D
|
|
7
|
Senin,15 Januari 2018
|
8 I J, 7
A
|
19
|
Senin, 05 Februari 2018
|
7 E F G
|
|
8
|
Selasa,16 Januari 2018
|
7 B C D
|
20
|
Selasa,06 Februari 2018
|
7 H I J
|
|
9
|
Rabu, 17 Januari 2018
|
7 E F G
|
21
|
Rabu,07 Februari 2018
|
9 A B C
|
|
10
|
Kamis, 18 Januari 2018
|
7 H I J
|
22
|
Kamis,08 Februari 2018
|
9 D E F
|
|
11
|
Senin,22 Januari 2018
|
9 A B C
|
23
|
Senin, 12 Februari 2018
|
9 G H I
|
|
12
|
Selasa,23 Januari 2018
|
9 D E F
|
24
|
Selasa, 13 Februari 2018
|
9 J, 8 A
B
|
|
(sumber data:
dokumen SMP Negeri 1 Pandaan)
B. Paparan Hasil Penelitian
Sesuai dengan hasil penelitian
yang dilaksanakan, peneliti memperoleh data tentang Strategi Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Pada penelitian ini penulis
menggunakan metode observasi, metode wawancara (interview) dan metode
dokumentasi. Adapun data-data yang penulis peroleh dari SMP Negeri 1 Pandaan
mengenai Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah
Siswa sebagai berikut:
1.
Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan
akhlakul karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan . Dalam hal ini Ibu Tarsiah
selaku Waka Kurikulum juga mengemukakan pendapatnya mengenai strategi guru PAI
dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan, berikut hasil
wawancaranya:
“Untuk
pembinaan akhlak Strategi yang ada diantaranya adalah: 1. Tentang
jum’at beriman, 2. Sholat berjama’ah, baik itu dhuhur kemudian dhuha kemudian
ada pembelajaran di kelas yang berhubungan dengan literasi,
dimana literasi itu dibaca setiap
hari untuk surat pendek, kalau hari selasa, rabu dan
sabtu itu literasi umum, kalau hari kamis itu literasinya tentang surat-surat
pendek, kalau sholat dhuha ada jadwalnya di guru agama yang membimbing kegiatan
sholat dhuha itu semua guru yang mengajar di kelas tersebut, siswa juga menjadi
imam sholat dhuha.” [84]
Dalam kesempatan lain peneliti juga melakukan wawancara
dengan Ibu Hj. Erriastuti M.Pd. selaku Kepala Sekolah, Berikut wawancaranya:
“Di smp negeri 1 pandaan itu untuk siswanya siswa datang, saya pasti
berusaha untuk nyalami anak-anak karna bagaimana pun dengan assalamualaikum itu
awal kebaikan ya, kemudian dibiasakan anak-anak ke bapak ibu guru untuk selalu
salim kalau ketemu kemudian kegiatan-kegiatan yang hubungannya dengan keagamaan
itu selalu kita tingkatkan jadi kalau dulu itu hanya jum’at beriman isinya
istighosah dan ceramah ditingkatkan dengan sholat dhuha berjamaah, maksudnya
berjamaah itu bersama-sama dengan teman-temannya, ada jadwalnya kemudian
ditambahkan juga ditingkatkan juga literasi dikelas itu tidak hanya baca buku
bacaan saja tetapi juga menghafal ayat-ayat pendek dan lain sebagainya..”[85]
Hal ini sesuai, ketika peneliti melakukan penelitian pada
tanggal, 23 Juli 2018, peneliti mengamati perilaku siswa diantaranya:
“Pada saat masuk gerbang sekolah para siswa melepas jaket dan turun dari
sepedanya kemudian menyalimi guru piket dan kepala sekolah yang sudah menunggu
di depan gerbang sekolah. Peneliti juga melihat bagaimana lingkungan sekolah
yang begitu sejuk karena banyaknya pepohonan yang sudah di programkan oleh
sekolah ketika hari bumi untuk penanaman pohon di lingkungan sekolah. Kalau
dengan penampilan siswa di SMP Negeri 1 Pandaan juga berpakaian rapi dan bersih
dan selalu menaati peraturan yang ada di sekolah. Strategi pembinaan akhlakul
karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan juga sudah tersusun dengan baik hal ini
dapat dilihat dari jadwal sholat dhuha yaitu setelah Mata Pelajaran Agama Islam
sebelum istirahat siswa langsung bergegas pergi ke musholla sekolah dan
langsung mengambil air wudhu kemudian melakukan sholat dhuha dan pada waktu
sholat dhuhur para siswa juga diberi kesempatan untuk menjadi imam dengan
didampingi oleh guru yang mengajar kelas tersebut”. [86]
Dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang
dilakukan peneliti diatas strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan dengan 1.
Mengikuti jum’at beriman, melakukan ibadah sunnah maupun ibadah wajib secara
berjama’ah dan menjadi imam, berlaku sopan, santun terhadap bapak ibu guru,
membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Perilaku-perilaku tersebut perlu dikembangkan agar
nantinya siswa setelah lulus akan terbiasa melakukannya.
Wawancara selanjutnya kepada Ibu Hj.
Istighfaroh S.Ag selaku Guru Pendidikan Agama Islam di kantor guru dan berikut
hasil wawancaranya:
“Pendidikan akhlak secara umum sangat penting, pendidikan akhlak disini
itukan agak kekota-kotaan gitu ya disamping agak kekotaan pandaan termasuk kota
industri yang notabene penduduknya kebanyakan dari luar daerah ini lain dengan
daerah bangil, kalau disini kota industri itu yang membikin pembinaan akhlak
disini itu lebih serius, Saya sebagai guru agama ya sesuai dengan bidang saya,
saat mengajar selalu saya selipkan materi akhlak meskipun itu bukan waktunya
materi akhlak ya selalu saya selipkan pendidikan akhlak saat pendahuluan
pembelajaran terutama pembentukan karakter, karakter yang islami, sebagai bekal
bagi anak-anak untuk jadi anak yang baik anak yang sholih dan sholihah jadi
akhlak itu yang utama selalu saya selipkan,
pada waktu mengajar selalu saya selipkan materi tentang akhlak”. [87]
Wawancara selanjutnya dengan Bpk. Sohib selaku Guru
Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan pendapatnya, berikut ini
pemaparannya.
“Yang pertama membuat suatu peraturan-peraturan, tentang norma-norma itu
ya, kemudian mengajak anak-anak untuk membiasakan diri untuk berperilaku yang
baik terhadap bapak ibu dewan guru, seluruh karyawan dan teman, karena akhlak
itu identik dengan agama maka guru agama paling depan untuk pembinaan akhlak
ini, kan akhlak itu bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari anak-anak bisanya
itu identik dengan karakter makanya dalam materi agama itu nilai itu dipadukan
dengan akhlak, kalau nilainya bagus 90 tapi akhlaknya kurang itu juga
berpengaruh beda dengan matematika kalau 90 ya 90 kalau agama itu bisa dilihat
dari sikap juga, makanya sekarang itu K13 sangat mementingkan pendidikan
karakter anak-anak dan karakter itu hanya yang mempunyai wewenang itu pelajaran
Agama dan PKN jadi untuk pelajaran yang lain itu untuk nilai sikap itu tidak
ada, hanya Agama dan PKN itu aja yang ada nilai sikap itu saja.” [88]
Hal ini sesuai, ketika peneliti melakukan penelitian pada
tanggal, 23 Juli 2018, peneliti mengamati pembelajaran di kelas diantaranya:
“Guru Pendidikan Agama islam sedang melakukan proses pembelajaran, dimana
dalam proses pembelajarannya dengan mengucapkan salam lalu membaca do’a sebelum
memulai pembelajaran, guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang
lalu dan sedikit memberikan pendahuluan materi tentang akhlak, dengan menanyai
perilaku baik apa saja yang sudah dilakukan ketika berangkat sekolah tadi,
siswa menanggapinya dengan antusias. Setelah itu, guru menyampaikan materi
pembelajaran dengan ceramah”.[89]
Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada Guru
Pendidikan Agama Islam dan observasi di kelas yang ada di SMP Negeri 1 Pandaan
tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam yaitu ketika mengajar guru selalu
menyelipkan materi tentang akhlak meskipun itu bukan waktunya materi tentang
akhlak sebagai pendahuluan pembelajaran sebagai pembentukan karakter bagi
siswa, sebagai bekal bagi siswa agar menjadi anak yang sholih sholihah. Guru
PAI juga mengajak siswa untuk membiasakan diri berperilaku baik terhadap Bapak
Ibu Dewan Guru seluruh karyawan dan Teman. dalam Kurikulum 13 pelajaran
pendidikan Agama Islam itu ada penilaian Sikap (akhlak) jadi jika akhlaknya
kurang baik akan berpengaruh terhadap nilai Pendidikan Agama Islamnya.
Dari hasil wawancara dengan Bapak Asari selaku guru
Pendidikan Agama Islam, beliau mengungkapkan:
“Bimbingan akhlak bukan semata-mata tugas guru Pendidikan Agama Islam saja
akan tetapi tugas semua guru. Kalau dari saya sendiri dengan pendekatan
personal. Misal ada pelanggaran ringan langsung melihat, saya rangkul dan
tegur. Jika pelanggarannya sudah berat, maka dipanggil dan diajak ngobrol
berdua. Jika terlalu berat, disidang. Bila tidak ada perubahan, diberi surat
peringatan, bila surat peringatan tak dihiraukan, langsung dikeluarkan”. [90]
peneliti juga melakukan wawancara dengan Ibu Hj.
Erriastuti M.Pd. selaku Kepala Sekolah, Berikut hasil wawancaranya:
“contoh yang lalu sudah agak lama juga gitu setiap kali agak siang,
melompat pagar anaknya, sudah berkali-kali diperingatkan guru, BK, kalau sudah
saya yang memanggil harus bersama dengan kedua orang tua ternyata anaknya saya
tanya, nak cita-citamu apa sih, saya pengen jadi polisi bu, polisi itu
pekerjaannya nagkap siapa? Maling bu, maling itu pekerjaanya
gimana, melompat tembok, kamu kok meloncat tembok nak, cita-citanya jadi
polisi, kemana sih kamu kalau melompat tembok? Main game, kan disana di
perumahan ada game online memang, terus kalau seperti itu kapan jadi polisinya,
kalau sejak awal tidak tertib suka meninggalkan sekolah, sudah ibu saya tidak
mengulangi kata siswa tersebut”.[91]
Peneliti menyimpulkan bahwa pembinaan akhlak yang
dilakukan dengan pendekatan personal merupakan langkah yang dilakukan guru
dengan mendekati siswa secara individu dengan memberikan bantuan dan solusi
atas permasalahan yang dihadapi siswa dan bimbingan moral kepada masing-masing
individu. Pendekatan ini dilakukan dengan metode dialog/hiwar, yaitu percakapan
silih berganti antara dua pihak atau lebih mengenai suatu topik, dan dengan
sengaja diarahkan kepada tujuan yang dikehendaki.
Peneliti melakukan wawancara dengan Bapak Sohib selaku
guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pandaan beliau menjelaskan Bahwa:
“Guru sebagai teladan ketika dalam perilakunya, ucapan, gerakan, dan sikap
harus dapat di contoh artinya dalam hal yang positif contohnya cara mengucapkan
salam, dalam hal sholat, ketika bertemu orang dengan senyum, sapa. Dalam hal
ini perilakunya harus dapat menunjukkan sosok seorang guru sebagai panutan”. [92]
Wawancara selanjutnya dengan Ibu Istighfaroh selaku Guru
Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan pendapatnya, berikut ini
pemaparannya.
“paling tidak itu memberi contoh yang baik pada anak-anak, sering melakukan
kegiatan keagamaan, disini itu ada namanya jum’at beriman, jum’at beriman itu
setiap awal bulan lalu ada sholat berjamaah, kemudian sholat jum’at itukan
sarana untuk pendidikan akhlak, membiasakan salim kepada guru, kita juga
sebagai guru memberikan contoh yang baik disiplin dalam kesehariannya, pada
saat pembelajaran kita datang tepat waktu itukan termasuk pembelajaran secara
tidak langsung jadi anak itu akan meniru, jadi harus dari gurunya yang memulai,
guru harus memberikan contoh yang baik, dan yang paling penting seorang guru
harus berdo’a agar siswa-siswanya menjadi anak yang sholeh sholihah, sukses.” [93]
Untuk mendukung jawaban dari Guru PAI, peneliti bertanya
pada Ibu Erriastuti selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandaan beliau
menjelaskan bahwa:
“perlakuan-perlakuan itu harus yang ramah harus yang menyenangkan
anak-anak, sampai-sampai anak-anak itu kalau ada apa-apa ya ke saya, jadi “bu
saya ada perlu” ya ke sini kalau tidak ya ngirim surat mas, ke saya. saya kalau
jalan gitu di kasih surat ya tidak apa-apa masukan dari anak-anak, saya selalu welcome
sama anak-anak tidak pernah ada batasan yang penting anak-anak jadi baik dan
mau berprestasi selama disini.”. [94]
Memahami dari metode diatas, penulis menyimpulkan bahwa
dengan sikap dan tindakan dari guru yang baik maka siswa diharapkan untuk
meniru tingkah laku gurunya agar tercapai akhlakul karimah siswa.
Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Bapak Asari
selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pandaan beliau menjelaskan
bahwa:
“Pembiasaan siswa dimulai dengan masuk siswa bersalaman dengan guru piket,
siswa yang masuk gerbang sekolah, turun dari sepeda dan harus melepas jaket
yang dikenakan agar tahu identitas siswa, siswa mengikuti jadwal kegiatan
sholat wajib berjamaah, sholat dhuha dan kegiatan islami lainnya diantaranya
ada jum’at beriman disini”. [95]
Wawancara selanjutnya dengan Bapak Sohib selaku Guru
Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan pendapatnya, berikut ini
pemaparannya:
“Metodenya
yaitu melakukan kegiatan pembiasaan, saling sapa, saling salam, kemudian setiap
pagi ada siswa bersalaman dengan guru setiap pagi. Kalau didalam kelas harus
saling membantu dengan temannya, tidak boleh menyakiti teman”. [96]
Wawancara selanjutnya dengan Ibu Istighfaroh selaku Guru
Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan pendapatnya, berikut ini
pemaparannya:
“Disini ada piket ya jadi setiap guru ada piketnya untuk bersalaman dengan
para siswa, setiap hari ada para guru yang ada di pintu masuk untuk bersalaman
dengan siswa, pada saat jam pelajaran kita tanyai bagaimana tadi sudah
bersalaman dengan orang tuanya, mengingatkan supaya terbiasa berakhlak mulia
dengan salim kepada orang tuanya, di materi pembelajaran itu kan sudah ada
hormat kepada orang tua, kepada guru dan teman, biasanya saya pake metode Role
playing, jadi disitu siswa mempraktekkan bagaimana hormat kepada orang tua,
guru dan teman, setelah role playing tadi kita kasih penguatan kalau temannya
tadi itu praktek yang kurang baik ya jangan ditiru, harapannya jangan saat
praktek saja tapi akhlak yang baik itu juga di terapkan hormat kepada orang
tua, guru dan teman, Selain role playing, itu biasanya saya pake pertanyaan
setelah itu saya suruh mencatat misalnya sikap jujur kalian pernah tidak jujur
dalam hal apa, kalian jujur dalam hal apa anak-anak saya suruh mencatat di buku”. [97]
Hal ini sesuai, ketika peneliti melakukan penelitian pada
tanggal 21 Juli 2018 peneliti mengamati perilaku siswa diantaranya:
“ketika masuk gerbang siswa melepas jaket dan turun dari sepedanya lalu
bersalaman dengan dengan guru piket, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur
berjamaah, ketika bertemu guru siswa
bersikap sopan dan bersalaman. Semua kegiatan pembiasaan tersebut dilakukan
secara rutin setiap hari.” [98]
Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Tarsiah selaku
Waka Kurikulum SMP Negeri 1 Pandaan beliau menjelaskan bahwa:
“Semua pembiasaan yang baik dapat dijalankan dengan baik bila ada komitmen
secara bersama dan didukung dengan kerja keras oleh semua komponen yang ada di
sekolah sesuai dengan kemampuan masing-masing dan secara berkesinambungan”. [99]
Dari uraian diatas menurut peneliti di dalam melaksanakan
strategi pembiasaan diperlukan beberapa metode yang dapat digunakan untuk
menciptakan kebiasaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan, dengan
cara penciptaan komitmen secara bersama oleh komponen yang ada di sekolah,
pengelolaan kegiatan dengan strategi atau program yang jelas, dan perbaikan
setiap kegiatan secara berkesinambungan. Diantara metode yang digunakan guru
PAI di SMP Negeri 1 Pandaan yaitu
bertanya kepada siswa apakah sudah bersalaman dengan orang tua di rumah dan
kegiatan akhlak apa saja yang sudah dilakukan di rumah atau lingkungan
masyarakat untuk membiasakan siswa berakhlak mulia, disini guru juga
menggunakan metode Role Playing yaitu memberi kesempatan kepada siswa-siswi
untuk praktik menempatkan diri mereka pada peran-peran dan situasi-situasi yang
akan meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan mereka
sendiri dan orang lain.[100]
Dengan metode role playing ini di harapkan siswa akan terbiasa berakhlak baik
pada orang tua, guru dan teman.
Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Bapak Sohib
selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pandaan beliau menjelaskan
bahwa:
“Kalau didalam kelas harus saling
membantu dengan temannya, tidak boleh menyakiti teman, kalau di dalam kelas itu
ada kesepakatan kelas, misalkan siswa mengambil barang atau uang milik temannya
kesepakatan kelasnya yaitu mengembalikan
dua kali lipat dari yang di ambil tadi, sehingga siswa itu tidak berani
karena itu sudah kesepakatan kelas itu hukumannya dan disemua kelas itu ada
peraturannya siswa tidak piket hari itu maka harus piket sendiri membantu di
hari berikutnya, tergantung dengan beratnya pelanggaran yang dilakukan oleh
siswa itu. Semua dilakukan agaer siswa dapat efek jera dan tidak melakukan
pelanggaran tersebut kembali. Kalau masih tidak jera biasanya dikasih surat
peringatan mas, dan kalau masih melakukannya lagi dikembalikan ke wali murid”. [101]
Hukuman hanya diberikan kepada siswa yang tidak mematuhi tata tertib
sekolah, maka pemberian hukuman pun baru diberikan. Di semua kelas itu ada
kesepakatan kelas atau peraturan kelas, misalnya mengambil barang milik teman
maka harus mengembalikan 2X lipatnya. Dengan adanya hukuman diharapkan supaya
anak-anak paham tentang pelanggaran yang sudah dilakukannya dan tidak akan
melakukannya kembali.
2.
Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Membina dan mendidik akhlak terhadap siswa di sekolah
tidak selamanya berjalan mulus tanpa halangan dan rintangan bahkan sering
terjadi berbagai masalah dan yang mempengaruhi proses pembinaan akhlakul karimah siswa disekolah. Dalam
pembinaan akhlakul karimah siswa ada
faktor pendukung dan penghambat yang sangat berpengaruh dalam pembinaan akhlak
siswa tersebut.
a.
Faktor Pendukung
Disini akan dijelaskan mengenai faktor pendukung
pembinaan akhlakul karimah siswa yang dihasilkan dari wawancara peneliti dengan
Ibu Erriastuti selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandaan, berikut ini
pemaparannya:
“Semua pihak disini harus termasuk adik-adik pembantu pelaksana itu juga
saya beri tahu tidak apa-apa mengingatkan anak-anak untuk kebaikan tetapi
dengan cara yang santun jangan di tunjuk-tunjuk, nah anak kan tidak terima
karna di rumah merasa di perlakukan nyaman di sekolah kok di marah i, jadi
perlakuan-perlakuan itu harus yang ramah harus yang menyenangkan anak-anak,
sampai-sampai anak-anak itu kalau ada apa-apa ya ke saya, jadi “bu saya ada
perlu” ya ke sini kalau tidak ya ngirim surat mas, ke saya. saya kalau jalan
gitu di kasih surat ya tidak apa-apa masukan dari anak-anak, saya selalu welcome
sama anak-anak tidak pernah ada batasan yang penting anak-anak jadi baik dan
mau berprestasi selama disini”. [102]
Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Bapak Sohib
selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pandaan beliau menjelaskan
Bahwa:
“Guru sebagai teladan ketika dalam perilakunya, ucapan, gerakan, dan sikap
harus dapat di contoh artinya dalam hal yang positif contohnya cara mengucapkan
salam, dalam hal sholat, ketika bertemu orang dengan senyum, sapa. Dalam hal
ini perilakunya harus dapat menunjukkan sosok seorang guru sebagai panutan”. [103]
Dalam hal ini peneliti melakukan Wawancara dengan Ibu
Istighfaroh selaku Guru Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan
pendapatnya, berikut ini pemaparannya:
“Disini ada piket ya jadi setiap guru ada piketnya untuk bersalaman dengan
para siswa, setiap hari ada para guru yang ada di pintu masuk untuk bersalaman
dengan siswa, pada saat jam pelajaran kita tanyai bagaimana tadi sudah
bersalaman dengan orang tuanya, mengingatkan supaya terbiasa berakhlak mulia
dengan salim kepada orang tuanya, di materi pembelajaran itu kan sudah ada
hormat kepada orang tua, kepada guru dan teman, biasanya saya pake metode Role
playing, jadi disitu siswa mempraktekkan bagaimana hormat kepada orang tua,
guru dan teman, setelah role playing tadi kita kasih penguatan kalau temannya
tadi itu praktek yang kurang baik ya jangan ditiru, harapannya jangan saat
praktek saja tapi akhlak yang baik itu juga di terapkan hormat kepada orang
tua, guru dan teman. Selain role playing, itu biasanya
saya pake pertanyaan setelah itu saya suruh mencatat misalnya sikap jujur
kalian pernah tidak jujur dalam hal apa, kalian jujur dalam hal apa anak-anak
saya suruh mencatat dibuku”.[104]
Dalam mengajarkan materi akhlak disini mengajak anak
didik untuk pro aktif menggali sifat-sifat terpuji seperti memakai metode role
playing. Maka dai sinilah pentingnya metode pembelajaran supaya siswa bisa
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.
Dalam hal ini peneliti melakukan Wawancara dengan Ibu
Istighfaroh selaku Guru Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan pendapatnya,
berikut ini pemaparannya:
“Yang mendukung dari pembinaan akhlak itu yang utama itu dari faktor
keluarga, guru disini hanya sebagai fasilitator saja anak-anak bersama guru
disini kan hanya tujuh jam saja, siswa itu lebih banyak dirumah artinya
dilingkungan keluarga, jadi menurut saya yang paling banyak berperan itu
dilingkungan keluarga, kita sebaik apapun dalam membina akhlak anak tapi kalau
tidak ada dukungan dari keluarga tidak memberikan suri tauladan yang baik bagi
anak tidak memberikan motivasi itu ya tidak bisa, jadi menurut saya itu kalau
anak itu dari latar belakang keluarga yang kurang baik (broken home) itu biasanya dibarengi dengan jadi anak yang nakal
Cuma tidak semuanya sih, lingkungan keluarga itu yang paling berpengaruh. [105]
Wawancara selanjutnya dengan Ibu Erriastuti selaku kepala
sekolah SMP Negeri 1 Pandaan bahwa orang tua di rumah juga harus membina
akhlakul karimah anak-anaknya, berikut pemaparannya:
“Memang kadang-kadang orang tua perlu untuk dipanggil, jadi contoh yang
lalu sudah agak lama juga gitu setiap kali agak siang, melompat pagar anaknya,
sudah berkali-kali diperingatkan guru, BK, kalau sudah saya yang memanggil
harus bersama dengan kedua orang tua ternyata anaknya saya tanya, nak
cita-citamu apa sih, saya pengen jadi polisi bu, polisi itu pekerjaannya nagkap
siapa? Maling
bu, maling itu pekerjaanya gimana, melompat tembok, kamu kok meloncat tembok
nak, cita-citanya jadi polisi, kemana sih kamu kalau melompat tembok? Main
game, kan disana di perumahan ada game online memang, terus kalau seperti itu
kapan jadi polisinya, kalau sejak awal tidak tertib suka meninggalkan sekolah,
sudah ibu saya tidak mengulangi, setelah anaknya keluar terus orang tuanya saya
sidang, maaf Bapak kerjanya apa, di perusahaan, diperusahaan itu apa kerjanya
pagi saja atau ada sift, ada sift, berarti pernah kerja pagi,
kerja malam, pernah tidak anaknya di ajak jum’atan, anak laki-laki soalnya,
tidak pernah, nah itu satu-satunya momen yang paling bagus diantaranya pada
saat jum’atan diajak bareng, setelah jum’atan diajak beli es kacang ijo atau
apalah sambil ngomong-ngomong itu momen yang paling dekat supaya anak ini dekat
sama bapaknya jangan diumbar-umbar saya bilang begitu, itulah diantara
trik-trik saya untuk tidak selalu menyalahkan anak, kadang orang tua itu selama
ini kurang perhatian, jadi trik-trik saya seperti itu, jadi tidak kasar tapi
mengena”.[106]
Kebersamaan antara pihak guru dengan siswa dalam sekolah
dan keikut sertaan orang tua sangat diperlukan sehingga antara guru satu dengan
yang lain ada kerja samanya dalam menerapkan pembinaan akhlakul karimah siswa
tidak pandang bulu wujud dari kerjasama tersebut dengan adanya program kegiatan
pembinaan akhlakul karimah siswa yang dibuat oleh para guru, disamping itu
komunikasi antar guru dan civitas sekolah juga sangat diperlukan sehingga tidak
ada salah persepsi atau salah paham.
Peneliti melakukan Wawancara dengan Bapak Sohib guru Pendidikan
Agama Islam yaitu:
“Adanya
fasilitas musholla, kemudian buku-buku literatur itukan faktor pendukung, semua
guru juga mendukung atau ikut aktif dalam membina akhlak”. [107]
Dalam kesempatan lain peneliti juga melakukan wawancara
dengan Ibu Tarsiah selaku Waka Kurikulum, Berikut wawancaranya:
“Karna banyaknya kegiatan yang ada program-program pembinaan akhlak terus
berlanjut kemudian faktor pendukung lainnya itu ya adanya musholla yang sudah
di bangun yang lain yaitu guru-guru yang mempunyai niat untuk mengembangkan
akhlak”. [108]
Faktor pendukung lainnya yang ada di SMP Negeri 1 Pandaan
yaitu selain program-program pembinaan akhlak yang lumayan baik, dengan adanya
sarana dan prasarana yang cukup lengkap seperti adanya musholla, buku-buku
tentang akhlak dan juga semua guru SMP Negeri 1 Pandaan yang mempunyai niat
untuk mengembangkan akhlak.
b.
Faktor Penghambat
Dalam hal ini peneliti melakukan Wawancara dengan Ibu
Tarsiah selaku Waka Kurikulum sebagai berikut:
“Faktor penghambatnya kalau pada waktu sholat dhuha, banyak menyita waktu
untuk belajar, jadi sholat dhuha itukan sudah terjadwal tapi masih mengganggu
pelajaran karna pada waktu sholat dhuha tidak semua siswa bisa sholat dhuha
yang sholat dhuha pada waktu pelajaran agama dimana pada waktu pelajaran agama
itu sebelum istirahat jadi tidak semua kelas bisa sholat dhuha, kemudian yang
kedua itu pada jumat beriman, pada jum’at beriman itu hanya 1 bulan 1 kali,
bukan setiap jum’at karna disini ada jum’at berseri dimana di dalam jum’at
berseri itu ada jum’at berimannya, hanya 1 kali dalam 1 bulan”. [109]
Disini faktor penghambat menurut Waka Kurikulum yaitu
jadwal atau waktu sholat dhuha yang kurang optimal sehingga tidak semua siswa
bisa melaksanakan sholat dhuha hanya pada saat pelajaran PAI saja dan juga jum’at
beriman hanya ada 1 kali dalam 1 bulan yakni dilaksanakan saat awal bulan saja.
Peneliti juga melakukan Wawancara dengan Ibu Erriastuti
selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Pandaan berikut ini pemaparannya:
“Yang menghambat disini ya bagi orang tua yang mana kadang-kadang itu di
panggil sampai berulang kali, ini ya jadi yang membuat saya dan ibu bapak dewan
guru merasa hati ini teriris-iris kadang-kadang ada orang tua yang tidak
sanggup/sudah angkat tangan dengan perilaku anaknya, tapi sekarang tidak mas,
kalau tahun yang lalu itu ada anak yang ikut Punk contoh ya anda tau
sendiri bagaimana anak yang ikut Punk jangankan sekolah orang tua aja tidak digubris
kan gitu, jadi dia kalau ada jam-jam tertentu gitu sudah dia lari dia
meninggalkan sekolah dengan cara apapun dia dan sebagainya, sampai orang tuanya
dipanggil ya BP itu mas biasanya nangani sampai manggil orang tua sampai
beberapa kali gitu kalau sudah final ke saya pastinya, jadi orang tuanya sudah
tidak sanggup sudah biar aja tidak sekolah tidak apa-apa begitu kata orang
tuanya, bayangkan nah anda kan calon guru bagaimana perasaan anda pasti teriris
iris hati ini seperti itu apalagi itu anak kita ya, tidak kurang akal mas
jadinya anak ini bisa terselamatkan karna dia punya nenek kebetulan rumahnya di
pasrepan sana jadi akhirnya ikut neneknya pindah kesana supaya saya ingin
menjauhkan dari kelompok punk yang ada di pandaan, jadi ikatan batin
anak punk itu kuat, kalau di pasrepan kan beda gak ada punk. Jadi
sekolah ini berusaha jangan sampai anak-anak ini tidak diperlakukan dengan baik
oleh sekolah oleh lingkungan, maupun orang tuanya sendiri, jangan sekali-sekali
menyalahkan anak, karena bagaimanapun anak ini berangkat dari rumah, bagaimana
kondisi di rumah harus di urai kenapa anak ini kok bisa seperti ini sekarang
diatur di kasih tau dilarang di pelajari ini itu di sekolah di rumah di biarkan
bebas ya balik lagi, sehingga kita sebagai seorang pendidik jangan
sekali-sekali langsung memfonis anak jangan, anak itu banyak yang dia lakukan,
bagaimana pun dia melihat, mendengarkan, meniru dari mana kalau tidak dari
keluarga dahulu, baru ke yang lain.”.[110]
Kontrol dan monitoring keberhasilan dan tidak berhasilan
pelaksanaan pembelajaran serta pembinaan akhlakul karimah sedikit banyak juga
dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar mendukung bagi
proses pembinaan akhlak, maka dia akan mampu memberikan kontribusi yang baik.
Sebaliknya, jika kondisi lingkungan terbukti tidak mendukung, jelas akan mempengaruhi
proses dalam pembinaan akhlakul karimah siswa.
Peneliti melakukan Wawancara dengan Ibu Istighfaroh
selaku Guru Pendidikan Agama Islam di ruang guru memberikan pendapatnya,
berikut ini pemaparannya:
“sebetulnya ya dari faktor yang mendukung itu juga kalau yang mendukung itu
positif, dari keluarga, dari lingkungan yang kurang kondisif, teman belajar
yang tidak baik, kemudian karena mereka tidak mengikuti ngaji madin, itu yang
bisa menghambat pembentukan karakter anak, mungkin karena kurangnya perhatian
orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, kalau dari lingkungan
sekolah sendiri yang menghambat itu kalau sarana disini sudah mendukung, itu
tergantung personalnya sendiri sudah kita susun jadwal sholat dengan sebaik
mungkin tapi siswa itu kadang melihat anak yang tidak sholat jadi tidak sholat,
anak itu jadi rajin sholat karna ada nilainya atau point atau tanda tangan itu
yang membuat anak itu jadi berkarakter baik agak ditakut-takut i kalau tidak
ada point yang semangat saja yang sholat yang males ya gak akan sholat”. [111]
Menurut hasil wawancara diatas siswa kurang
sadar akan pentingnya kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh sekolah, apalagi
kegiatan tersebut berkaitan sekali dengan pembinaan akhlak siswa.
Peneliti melakukan wawancara dengan Bapak Sohib guru
Pendidikan Agama Islam yaitu:
“Kalau faktor yang menghambat biasanya itu dari luar, kebiasaan-kebiasaan
yang tidak baik dari luar itu yang menghambat teman itu kan tidak semuanya baik
kan, lingkungan masyarakat, faktor keluarga juga bisa, karna keluarganya kurang
membina akhlak anak tersebut, kalau di sekolah sendiri kecil faktor
penghambatnya karena disini selalu ditekankan disiplin, kalau disini jarang
kalaupun ada itu masih bisa diminimalisir, karna kegiatan disini sudah mendukung
untuk pembinaan akhlak”. [112]
Lingkungan
keluarga merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh sekali terhadap pendidikan
akhlak yang selama ini diterima siswa, dalam arti apabila lingkungan keluarga
baik, maka baik pula kepribadian anak, yang mana hal tersebut merupakan alat
pendukung dalam pembinaan akhlak siswa. Begitu juga sebaliknya ketika
lingkungan keluarga buruk, maka buruk pula kepribadian anak dan hal tersebut
merupakan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa.
[84] Wawancara dengan Ibu Tarsiah Waka Kurikulum, SMP Negeri 1 Pandaan, 21 juli
2018 Pukul 08.00 WIB
[85] Wawancara dengan Ibu Erriastuti Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandaan, 25
juli 2018 Pukul 08.30 WIB
[87] Wawancara dengan Ibu Istighfaroh Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 08.00 WIB
[88] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 09.00 WIB
[90] Wawancara dengan Bapak Asari Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 08.30 WIB
[91] Wawancara dengan Ibu Erriastuti Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandaan, 25
juli 2018 Pukul 08.30 WIB
[92] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 09.30 WIB
[93] Wawancara dengan Ibu Istighfaroh Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 07.30 WIB
[94] Wawancara dengan Ibu Erriastuti Kepala Sekolah, SMP Negeri 1 Pandaan, 25
juli 2018 Pukul 08.30 WIB
[95] Wawancara dengan Bapak Asari Guru pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 18 juli 2018 Pukul 09.00 WIB
[96] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 10.00 WIB
[97] Wawancara dengan Ibu Istighfaroh Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 07.30 WIB
[98] Hasil observasi Kebiasaan Siswa, di Depan Gerbang Masuk Sekolah, tanggal 21
Juli 2018, jam 06.30 WIB
[99] Wawancara dengan Ibu Tarsiah Waka Kurikulum, SMP Negeri 1 Pandaan, 21 juli
2018 Pukul 08.00 WIB
[100] Aris Shohimin, 68 Model Pembelajaran
Inovatif dalam Kurikulum 2013, (yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014) hlm. 161
[101] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 10.00 WIB
[102] Wawancara dengan Ibu Erriastuti Kepala Sekolah, SMP Negeri 1 Pandaan, 20
juli 2018 Pukul 08.00 WIB
[103] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 09.30 WIB
[104] Wawancara dengan Ibu Istighfaroh Guru
Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1 Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 07.30 WIB
[105] Wawancara dengan Ibu Istighfaroh Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 07.30 WIB
[106] Wawancara dengan Ibu Erriastuti Kepala
Sekolah, SMP Negeri 1 Pandaan, 20 juli 2018 Pukul 08.00 WIB
[107] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 10.00 WIB
[108] Wawancara dengan Ibu Tarsiah Waka Kurikulum, SMP Negeri 1 Pandaan, 21 juli
2018 Pukul 08.00 WIB
[109] Wawancara dengan Ibu Tarsiah Waka Kurikulum, SMP Negeri 1 Pandaan, 21 juli
2018 Pukul 08.00 WIB
[110] Wawancara dengan Ibu Erriastuti Kepala Sekolah, SMP Negeri 1 Pandaan, 25
juli 2018 Pukul 08.00 WIB
[111] Wawancara dengan Ibu Istighfaroh Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 16 juli 2018 Pukul 07.30 WIB
[112] Wawancara dengan Bapak Sohib Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1
Pandaan, 17 juli 2018 Pukul 10.00 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar