Kamis, 02 Mei 2019

Skripsi Achmad Dimyati Halaman Depan

Tidak ada komentar:

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA
DI SMP NEGERI 1 PANDAAN

SKRIPSI

Oleh
ACHMAD DIMYATI
N.I.R.M 2014.4.110.0001.1.000422
NIM 201411001054


 






SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT PGRI PASURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018



 

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA
                                       DI SMP NEGERI 1 PANDAAN        



SKRIPSI
Diajukan kepada
STIT PGRI Pasuruan
Untuk memenuhi salah satu persyaratan
Dalam menyelesaikan program Sarjana





Oleh :
ACHMAD DIMYATI
N.I.R.M 2014.4.110.0001.1.000422
NIM 201411001054




SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT PGRI PASURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018



HALAMAN PERSETUJUAN

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA
            DI SMP NEGERI 1 PANDAAN

 SKRIPSI
Oleh:
Achmad Dimyati
201411001054
Telah di Setujui Oleh:
Pasuruan, 04 Agustus 2018
Pembimbing I


M. Ma’ruf, S.S, M .Pd.I
NIDN. 2126038602


Pembimbing II



Jakaria Umro, M. Pd.I
NIDN. 2124068502



Kaprodi Pendidikan Agama Islam



Miftakhul Munir, M. Pd.I
NIDN. 2105058002

                                                                                         

LEMBAR PENGESAHAN


Skripsi oleh Achmad Dimyati ini
Telah dipertahankan di depan dewan penguji
Pada tanggal ..................


Penguji I



M. Ma’ruf, S.S, M.Pd.I
NIDN. 2126038602

Penguji II



Jakaria Umro, M.Pd.I
NIDN. 2124068502

Penguji III



......................................
NIDN.


Mengesahkan,
Ketua STIT PGRI Pasuruan





M. Aufin, S.Pd, M.M
NIDN. 0728127202

Mengetahui,
Ketua Program Studi PAI





Miftakhul Munir, M.Pd.I
NIDN. 2105058002



PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN



Saya Yang Bertanda Tangan Di Bawah Ini :
Nama                   :      Achmad Dimyati
NIM                    :      201411001054
NIRM                  :      2014.4.110.0001.1.000422
Program Studi     :      Pendidikan Agama Islam
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi yang saya tulis ini benar-benar tulisan saya, dan bukan merupakan plagiasi baik sebagian atau seluruhnya. Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil plagiasi, baik sebagian atau seluruhnya, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



Pasuruan, 28 Juli 2018
Yang membuat pernyataan



Achmad Dimyati







LEMBAR PERSEMBAHAN

Bismillahirohmanirrohim...

Sujud syukur kepada-Mu Tuhan Yang Maha Esa, atas takdir- Mu telah Kau jadikan aku manusia yang senantiasa berpikir, berilmu, beriman, dan bersabar dalam menjalankan takdir-Mu di setiap prosesnya. Dengan ketulusan dan keikhlasan hati ini kupersembahkan karya sederhana ini kepada orang-orang yang berharga dalam hidupku :

Abah dan Umi tercinta (Alm. H. M. Nurhasan Mz dan Ibu Rofiatul Widad) selaku orang tuaku, terimakasih atas doa, kasih sayang yang tiada pernah terhenti dan terganti yang telah diberikan, semoga jerih payah serta kesabaran terwujud dalam keberhasilan dan kebahagiaanku.

Adikku (Silahul Mukmin) terimakasih karna engkau telah memberiku semangat dalam mengerjakan skripsi ini

Keponakanku (Vina, Wahyu dan si kecil Beryl) terimakasih atas canda tawa yang telah kalian berikan. Hadirnya kalian selalu menghiburku dikala susah.

Bapak M. Ma’ruf dan Bapak Jakaria Umro terimakasih saya sampaikan yang senantiasa membimbing, memotivasi, serta memfasilitasi saya dengan kesabaran serta keikhlasan.

Untuk teman seperjuanganku, terimakasih telah melangkah bersamaku dan telah memberiku semangat dalam mengerjakan skripsi ini. Dan Angkatan PAI 2014 A, tanpamu aku bukan siapa-siapa dan takkan jadi apa-apa.

Ada banyak yang tak bisa ku sebutkan satu persatu, terima kasih, semoga kebahagiaan dan kesuksesan selalu menyertai kita semua,
Aamiin..............




Pasuruan, 28 Juli 2018




MOTTO


اَÙƒْÙ…َÙ„ُ الْÙ…ُؤْÙ…ِÙ†ِÙŠْÙ†َ اِÙŠْÙ…َانًا اَØ­ْسَÙ†ُÙ‡ُÙ…ْ Ø®ُÙ„ُÙ‚ًا

”Orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang budi pekertinya paling baik”. (H.R. At-Turmuzi)










ABSTRAK
Dimyati, Achmad. 2018. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembiaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT PGRI Pasuruan. Pembimbing: (I) M. Ma’ruf, S.S M.Pd.I, (II) Jakaria Umro M.Pd.I
Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Strategi adalah suatu langkah-langkah terencana yang berisi tentang rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah didesain sedemikian rupa oleh seseorang secara cermat yang disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul karimah siswa adalah rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah didesain oleh guru Pendidikan Agama Islam secara cermat untuk perbaikan pembinaan, atau tindakan untuk membina akhlakul karimah siswa disuatu lembaga sekolah tertentu sesuai dengan tempat guru Pendidikan Agama Islam tersebut mengajar. Siswa yang memiliki akhlakul karimah selalu menunjukkan perilaku yang baik dalam hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama, hubungan dengan lingkungan dan hubungan dengan diri sendiri. Terjadinya degradasi moral dan banyaknya penyimpangan yang dilakukan oleh siswa dibutuhkan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan pembinaan akhlak siswa. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 1 Pandaan dengan judul strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa.
 Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan tentang strategi Guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah di SMP Negeri 1 Pandaan. (2) untuk mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan. (1) Strategi Guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan meliputi: pendekatan personal, teladan, pembiasaan, pemberian hukuman. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa, faktor pendukung yaitu: teladan dalam diri guru, metode pembelajaran, kerjasama dan dukungan orang tua, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Kurangnya jam mata pelajaran PAI, terbatasnya pengawasan pihak sekolah, kesadaran para siswa dan lingkungan siswa.







KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, penulis ucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa petunjuk dan  kemauan yang kuat pada diri penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
Penulisan skripsi ini disusun berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap Strategi yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan, sehingga diperoleh program pengembangan akhlakul karimah, pendekatan dan langkah-langkah yang dikembangkan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa, faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Dalam menyusun dan menyelesaikan skripsi ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini secara khusus penulis menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.    Bpk. M. Aufin, M.Pd, selaku ketua STIT PGRI.
2.    Bpk. Miftakhul Munir, M.Pd.I, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam.
3.    Bpk. M. Ma’ruf S.S M.Pd.I, selaku dosen pembimbing I yang telah berusaha memberikan penghargaan, bimbingan dan motivasi kepada penulis.
4.    Bpk. Jakaria Umro M.Pd.I, selaku dosen pembimbing II yang telah berusaha memberikan dorongan dan petunjuk dalam penyusunan skripsi ini.
5.    Bapak dan Ibu Dosen yang telah memberikan ilmunya kepada penulis sehingga mampu mengadakan penelitian yang berupa skripsi ini.
6.    Ibu Rofiatul Widad selaku orang tua yang telah membesarkan, memberi motivasi, doa, dan bantuan baik secara moral maupun material selama menempuh studi dan menyelesaikan skripsi ini.
7.    Semua keluargaku, teman-teman angkatan PAI 2014 A, terimakasih atas bantuan dan motivasinya.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan serta dalam menyusun skripsi ini keterbatasan kemampuan yang ada pada penulis saat ini, oleh karena itu kritik dan saran senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan. Semoga karya ini bermanfat bagi penulis khususnya dan mahasiswa umumnya.


Pasuruan, 28 Juli 2017

Penulis











DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL.................................................................................. i
LEMBAR LOGO........................................................................................... ii
HALAMAN JUDUL...................................................................................... iii
LEMBAR PERSETUJUAN......................................................................... iv
LEMBAR PENGESAHAN.......................................................................... v
PENYATAAN KEASLIAN TULISAN...................................................... vi
LEMBAR PERSEMBAHAN ...................................................................... vii
LEMBAR MOTTO........................................................................................ viii
ABSTRAK...................................................................................................... ix
KATA PENGANTAR................................................................................... x
DAFTAR ISI.................................................................................................. xii
DAFTAR TABEL.......................................................................................... xv
BAB I    PENDAHULUAN........................................................................... 1      
A.       Latar Belakang.......................................................................... 1
B.       Rumusan Masalah..................................................................... 10
C.       Tujuan Penelitian...................................................................... 10
D.       Manfaat Penelitian.................................................................... 11
E.        Batasan Masalah....................................................................... 11
F.        Orisinilitas Penelitian................................................................ 12
G.       Definisi Operasional................................................................. 14
H.       Sistematika Pembahasan........................................................... 15
BAB II   KAJIAN TEORI............................................................................. ........ 17
A.       Guru Pendidikan Agama Islam................................................ 17
1.    Kedudukan Guru Pendidikan Agama Islam....................... 18
2.   Syarat Guru Pendidikan Agama Islam................................. 19
3.   Sifat Guru dalam Pandangan Islam..................................... 23
4.   Tugas Guru Pendidikan Agama Islam................................. 26
5.   Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Islam................ 30
B.       Pembinaan Akhlakul Karimah ................................................. 32
1.   Pengertian Pembinaan Akhlakul Karimah............................ 32
2.   Dasar Pembinaan Akhlakul Karimah................................... 36
3.   Tujuan Pembinaan Akhlakul Karimah.................................. 38
4.   Bentuk Kegiatan Pembinaan Akhlakul Karimah................. 39
5.   Manfaat Pembinaan Akhlakul Karimah............................... 41
C.       Strategi Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa.......................... 46
1.   Strategi Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa...................... 46
2.   Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimah Siswa................................... 52
BAB III   METODE PENELITIAN............................................................ 64
A.       Pendekatan dan Jenis Penelitian............................................... 64
B.       Kehadiran Peneliti.................................................................... 66
C.       Lokasi Penelitian....................................................................... 67
D.       Data dan Sumber Data............................................................. 68
E.        Prosedur Pengumpulan Data.................................................... 68
F.        Analisis Data............................................................................. 73
G.       Pengecekan Keabsahan Data.................................................... 75
H.       Tahap-Tahap Penelitian............................................................. 76
BAB IV   TEMUAN DAN HASIL PENELITIAN..................................... 79
A.       Gambaran Umum SMP Negeri 1 Pandaan............................... 79
1.   Sejarah Singkat SMP Negeri 1 Pandaan.............................. 79
2.   Identitas Sekolah.................................................................. 80
3.   Visi dan Misi SMPN 1 Pandaan.......................................... 81
4.   Struktur Organisasi Sekolah................................................. 82
5.   Data Guru, Karyawan dan Siswa-siswa............................... 84
6.   Sarana dan Prasarana............................................................ 88
B.       Paparan Hasil Penelitian........................................................... 90
1.   Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa    90
2.   Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan............................................................................. 101

BAB V    PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.................................... 109
A.       Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.................................................................................................. 109
B.       Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.................................................................................... 114
BAB VI   PENUTUP .................................................................................... 123
A.       Kesimpulan............................................................................... 123
B.       Saran ........................................................................................ 125
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 126
LAMPIRAN














DAFTAR TABEL
Tabel 1.1........................................................................................................... 12
Tabel 1.2........................................................................................................... 85
Tabel 1.3........................................................................................................... 85
Tabel 1.4........................................................................................................... 86
Tabel 1.5........................................................................................................... 87
Tabel 1.6........................................................................................................... 88
Tabel 1.7........................................................................................................... 88
Tabel 1.8........................................................................................................... 89
Tabel 1.9........................................................................................................... 92
Tabel 2.0........................................................................................................... 93

Tidak ada komentar:

Posting Komentar