STRATEGI GURU PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH
SISWA
DI SMP NEGERI 1 PANDAAN
SKRIPSI
Oleh
ACHMAD
DIMYATI
N.I.R.M
2014.4.110.0001.1.000422
NIM
201411001054
SEKOLAH
TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT
PGRI PASURUAN
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018
STRATEGI GURU PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH
SISWA
DI SMP NEGERI 1 PANDAAN
SKRIPSI
Diajukan
kepada
STIT
PGRI Pasuruan
Untuk
memenuhi salah satu persyaratan
Dalam
menyelesaikan program Sarjana
Oleh :
ACHMAD
DIMYATI
N.I.R.M
2014.4.110.0001.1.000422
NIM 201411001054
SEKOLAH
TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT
PGRI PASURUAN
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018
HALAMAN
PERSETUJUAN
STRATEGI GURU PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH
SISWA
DI
SMP NEGERI 1 PANDAAN
SKRIPSI
Oleh:
Achmad Dimyati
201411001054
Telah di Setujui Oleh:
Pasuruan,
04 Agustus 2018
Pembimbing
I
M. Ma’ruf, S.S, M
.Pd.I
NIDN. 2126038602
Pembimbing
II
Jakaria Umro, M.
Pd.I
NIDN.
2124068502
Kaprodi
Pendidikan Agama Islam
Miftakhul Munir,
M. Pd.I
NIDN.
2105058002
LEMBAR
PENGESAHAN
Skripsi
oleh Achmad Dimyati ini
Telah
dipertahankan di depan dewan penguji
Pada
tanggal ..................
Penguji
I
M. Ma’ruf, S.S, M.Pd.I
NIDN.
2126038602
Penguji
II
Jakaria Umro, M.Pd.I
NIDN.
2124068502
Penguji
III
......................................
NIDN.
Mengesahkan,
Ketua STIT PGRI Pasuruan
M. Aufin, S.Pd, M.M
NIDN. 0728127202
|
Mengetahui,
Ketua Program Studi PAI
Miftakhul Munir, M.Pd.I
NIDN. 2105058002
|
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN
Saya Yang Bertanda Tangan Di Bawah Ini :
Nama : Achmad Dimyati
NIM : 201411001054
NIRM : 2014.4.110.0001.1.000422
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi yang saya
tulis ini benar-benar tulisan saya, dan bukan merupakan plagiasi baik sebagian
atau seluruhnya. Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa
skripsi ini hasil plagiasi, baik sebagian atau seluruhnya, maka saya bersedia
menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Pasuruan,
28 Juli 2018
Yang
membuat pernyataan
Achmad
Dimyati
LEMBAR
PERSEMBAHAN
Bismillahirohmanirrohim...
Sujud syukur kepada-Mu Tuhan Yang Maha Esa, atas takdir- Mu
telah Kau jadikan aku manusia yang senantiasa berpikir, berilmu, beriman, dan
bersabar dalam menjalankan takdir-Mu di setiap prosesnya. Dengan ketulusan dan
keikhlasan hati ini kupersembahkan karya sederhana ini kepada orang-orang yang
berharga dalam hidupku :
Abah dan Umi tercinta (Alm. H. M. Nurhasan Mz dan Ibu Rofiatul
Widad) selaku orang tuaku, terimakasih atas doa, kasih sayang yang tiada pernah
terhenti dan terganti yang telah diberikan, semoga jerih payah serta kesabaran
terwujud dalam keberhasilan dan kebahagiaanku.
Adikku (Silahul Mukmin) terimakasih karna engkau telah
memberiku semangat dalam mengerjakan skripsi ini
Keponakanku (Vina, Wahyu dan si kecil Beryl) terimakasih
atas canda tawa yang telah kalian berikan. Hadirnya kalian selalu menghiburku
dikala susah.
Bapak M. Ma’ruf dan Bapak Jakaria Umro terimakasih saya
sampaikan yang senantiasa membimbing, memotivasi, serta memfasilitasi saya
dengan kesabaran serta keikhlasan.
Untuk teman seperjuanganku, terimakasih telah melangkah
bersamaku dan telah memberiku semangat dalam mengerjakan skripsi ini. Dan
Angkatan PAI 2014 A, tanpamu aku bukan siapa-siapa dan takkan jadi apa-apa.
Ada banyak yang tak bisa ku sebutkan satu persatu, terima
kasih, semoga kebahagiaan dan kesuksesan selalu menyertai kita semua,
Aamiin..............
Pasuruan, 28 Juli 2018
MOTTO
اَÙƒْÙ…َÙ„ُ
الْÙ…ُؤْÙ…ِÙ†ِÙŠْÙ†َ اِÙŠْÙ…َانًا اَØْسَÙ†ُÙ‡ُÙ…ْ Ø®ُÙ„ُÙ‚ًا
”Orang Mukmin yang paling
sempurna imannya adalah mereka yang budi pekertinya paling baik”. (H.R.
At-Turmuzi)
ABSTRAK
Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan
Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Strategi adalah suatu langkah-langkah terencana yang berisi
tentang rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah didesain sedemikian rupa oleh
seseorang secara cermat yang disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai.
Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul karimah siswa
adalah rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah didesain oleh guru Pendidikan
Agama Islam secara cermat untuk perbaikan pembinaan, atau tindakan untuk
membina akhlakul karimah siswa disuatu lembaga sekolah tertentu sesuai dengan
tempat guru Pendidikan Agama Islam tersebut mengajar. Siswa yang memiliki akhlakul
karimah selalu menunjukkan perilaku yang baik dalam hubungan dengan Allah,
hubungan dengan sesama, hubungan dengan lingkungan dan hubungan dengan diri
sendiri. Terjadinya degradasi moral dan banyaknya penyimpangan yang dilakukan
oleh siswa dibutuhkan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan
pembinaan akhlak siswa. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di
SMP Negeri 1 Pandaan dengan judul strategi guru pendidikan agama islam dalam
pembinaan akhlakul karimah siswa.
Penelitian ini
bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan tentang strategi Guru PAI dalam
pembinaan akhlakul karimah di SMP Negeri 1 Pandaan. (2) untuk mendeskripsikan
tentang faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP
Negeri 1 Pandaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode
observasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan. (1) Strategi Guru PAI dalam
pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan meliputi: pendekatan
personal, teladan, pembiasaan, pemberian hukuman. (2) Faktor pendukung dan
penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa, faktor pendukung yaitu: teladan
dalam diri guru, metode pembelajaran, kerjasama dan dukungan orang tua, sarana
dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Kurangnya jam mata
pelajaran PAI, terbatasnya pengawasan pihak sekolah, kesadaran para siswa dan
lingkungan siswa.
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang, penulis ucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa petunjuk dan kemauan yang kuat pada diri penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1
Pandaan. Sholawat dan salam semoga senantiasa
tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
Penulisan skripsi ini disusun berdasarkan
hasil pengamatan penulis terhadap Strategi yang digunakan oleh Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan,
sehingga diperoleh program pengembangan akhlakul karimah, pendekatan dan
langkah-langkah yang dikembangkan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan
akhlakul karimah siswa, faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul
karimah siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.
Dalam menyusun dan menyelesaikan skripsi
ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh
karena itu dalam kesempatan ini secara khusus penulis menyampaikan ucapan
terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.
Bpk. M. Aufin,
M.Pd, selaku ketua STIT PGRI.
2.
Bpk. Miftakhul
Munir, M.Pd.I, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam.
3.
Bpk. M. Ma’ruf
S.S M.Pd.I, selaku dosen pembimbing I yang telah berusaha memberikan
penghargaan, bimbingan dan motivasi kepada penulis.
4.
Bpk. Jakaria
Umro M.Pd.I, selaku dosen pembimbing II yang telah berusaha memberikan dorongan
dan petunjuk dalam penyusunan skripsi ini.
5.
Bapak dan Ibu
Dosen yang telah memberikan ilmunya kepada penulis sehingga mampu mengadakan
penelitian yang berupa skripsi ini.
6.
Ibu Rofiatul
Widad selaku orang tua yang telah membesarkan, memberi motivasi, doa, dan bantuan
baik secara moral maupun material selama menempuh studi dan menyelesaikan
skripsi ini.
7.
Semua keluargaku,
teman-teman angkatan PAI 2014 A, terimakasih atas bantuan dan motivasinya.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat
banyak kekurangan serta dalam menyusun skripsi ini keterbatasan kemampuan yang
ada pada penulis saat ini, oleh karena itu kritik dan saran senantiasa penulis
harapkan demi kesempurnaan. Semoga karya ini bermanfat bagi penulis khususnya
dan mahasiswa umumnya.
Pasuruan,
28 Juli 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
SAMPUL..................................................................................
i
LEMBAR LOGO...........................................................................................
ii
HALAMAN JUDUL......................................................................................
iii
LEMBAR PERSETUJUAN.........................................................................
iv
LEMBAR PENGESAHAN..........................................................................
v
PENYATAAN KEASLIAN TULISAN......................................................
vi
LEMBAR PERSEMBAHAN ...................................................................... vii
LEMBAR MOTTO........................................................................................ viii
ABSTRAK......................................................................................................
ix
KATA PENGANTAR...................................................................................
x
DAFTAR ISI..................................................................................................
xii
DAFTAR TABEL..........................................................................................
xv
BAB I PENDAHULUAN...........................................................................
1
A. Latar Belakang..........................................................................
1
B.
Rumusan Masalah.....................................................................
10
C.
Tujuan Penelitian......................................................................
10
D.
Manfaat Penelitian....................................................................
11
E.
Batasan Masalah.......................................................................
11
F.
Orisinilitas
Penelitian................................................................
12
G.
Definisi Operasional.................................................................
14
H.
Sistematika
Pembahasan...........................................................
15
BAB II KAJIAN TEORI............................................................................. ........ 17
A. Guru Pendidikan Agama Islam................................................ 17
1.
Kedudukan Guru Pendidikan Agama Islam....................... 18
2.
Syarat Guru Pendidikan Agama Islam................................. 19
3. Sifat Guru dalam Pandangan Islam..................................... 23
4. Tugas Guru Pendidikan Agama Islam................................. 26
5. Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Islam................ 30
B. Pembinaan Akhlakul Karimah ................................................. 32
1. Pengertian Pembinaan Akhlakul Karimah............................ 32
2. Dasar Pembinaan Akhlakul Karimah................................... 36
3. Tujuan Pembinaan Akhlakul Karimah.................................. 38
4. Bentuk Kegiatan Pembinaan Akhlakul Karimah................. 39
5. Manfaat Pembinaan Akhlakul Karimah............................... 41
C. Strategi Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa.......................... 46
1. Strategi Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa...................... 46
2. Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Guru Pendidikan Agama
Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimah Siswa................................... 52
BAB III METODE PENELITIAN............................................................ 64
A.
Pendekatan dan Jenis
Penelitian............................................... 64
B.
Kehadiran Peneliti.................................................................... 66
C.
Lokasi Penelitian....................................................................... 67
D.
Data dan Sumber Data............................................................. 68
E.
Prosedur Pengumpulan
Data.................................................... 68
F.
Analisis Data............................................................................. 73
G.
Pengecekan Keabsahan
Data.................................................... 75
H.
Tahap-Tahap
Penelitian............................................................. 76
BAB
IV TEMUAN DAN HASIL PENELITIAN..................................... 79
A. Gambaran Umum SMP Negeri 1 Pandaan............................... 79
1.
Sejarah Singkat SMP Negeri 1 Pandaan.............................. 79
2.
Identitas Sekolah.................................................................. 80
3. Visi
dan Misi SMPN 1 Pandaan.......................................... 81
4.
Struktur Organisasi Sekolah................................................. 82
5.
Data Guru, Karyawan dan Siswa-siswa............................... 84
6.
Sarana dan Prasarana............................................................ 88
B.
Paparan Hasil Penelitian........................................................... 90
1.
Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa 90
2.
Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP
Negeri 1 Pandaan............................................................................. 101
BAB V PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.................................... 109
A.
Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlakul Karimah
Siswa di SMP Negeri 1 Pandaan.................................................................................................. 109
B.
Faktor
Pendukung dan Penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 1
Pandaan.................................................................................... 114
BAB VI
PENUTUP .................................................................................... 123
A.
Kesimpulan............................................................................... 123
B.
Saran ........................................................................................ 125
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 126
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1........................................................................................................... 12
Tabel 1.2........................................................................................................... 85
Tabel 1.3........................................................................................................... 85
Tabel 1.4........................................................................................................... 86
Tabel 1.5........................................................................................................... 87
Tabel 1.6........................................................................................................... 88
Tabel 1.7........................................................................................................... 88
Tabel 1.8........................................................................................................... 89
Tabel 1.9........................................................................................................... 92
Tabel 2.0........................................................................................................... 93
Tidak ada komentar:
Posting Komentar